Rabu, 28 September 2011

Apa itu SAR (Spesific Absorption Rate)

Ponsel memancarkan radiasi dan radiasi setiap ponsel bervariasi tergantung dari bagaimana ponsel tersebut digunakan. Meskipun para peneliti belum memastikan dengan jelas seperti apa bahaya radiasi ponsel terhadap kesehatan individu, tetapi sebuah studi menunjukkan hasil yang meresahkan dimana sebaiknya kita meminimalkan paparan radiasi ponsel.

Di dalam dunia ponsel, terdapat regulasi dan batasan hukum yang telah ditetapkan terhadap jumlah radiasi dari seperti ponsel yang dikenal dengan istilah SAR (Spesific Absorption Rate). SAR atau tingkat penyerapan tertentu merupakan ukuran yang digunakan untuk menggambarkan jumlah radiasi yang diserap oleh tubuh. Biasanya diukur dalam watt per kilogram atau W/Kg.

Para ilmuwan telah menguji model SAR dengan menggunakan model tubuh manusia yang dipenuhi dengan cairan untuk meniru sel manusia. Ponsel, diposisikan di sebelah cetakan yang mengirimkan sinyal. Penyelidikan juga dilakukan di dalam model tubuh manusia tersebut, sehingga terlihat tingkat energi total yang diserap. Nilai SAR ponsel ini juga ditunjuk sebagai jumlah radiasi ponsel tertinggi yang ditentukan selama tes.

Tingkat SAR sebuah ponsel sebagian besar dikenal dari desain antena dan perangkat keras pada komponen. Sejak SAR mengukur radiasi yang diserap oleh tubuh, biasanya nilai radiasi ditentukan dari radiasi total yang dilepaskan oleh ponsel dan bagian tubuh yang menyerapnya.

Berikut ini adalah empat aspek yang dapat mempengaruhi nilai SAR Anda, di antaranya:
•. Frekuensi dan jaringan
Unit ponsel lama yang dijual saat ini dapat berfungsi pada jaringan yang berbeda dengan frekuensi yang bervariasi. Ponsel yang sama dapat memberikan tingkat radiasi yang berbeda, tergantung pada frekuensi dan jaringan yang sedang digunakan pada periode waktu tertentu.
•. Lokasi
Semakin jauh Anda dari sebuah menara selular, semakin tinggi nilai SARnya.
•. Cara Penggunaannya
Ponsel memancarkan radiasi lebih ketika mengalami transmisi sinyal suara (telepon) dibandingkan dengan teks (SMS).
•. Posisi
Semakin jauh ponsel dari tubuh Anda, maka kemungkinan Anda mendapatkan radiasi yang lebih rendah.
Jadi, akan lebih bijaksana bila Anda menggunakan headset ketika menelepon atau ber-SMS saja jika perlu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar